6 Tips Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami 

Memiliki bekas luka di kulit tentu  menjadi hal yang menyebalkan bagi sebagian orang. Bekas luka pada kulit bisa membuat seseorang  tidak nyaman karena merusak penampilan. Apalagi jika bekas lukanya tidak kecil dan terletak di bagian tubuh yang tidak tertutup. Untuk pakaian. Kondisi ini  dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang dari waktu ke waktu. Seseorang bisa  menjadi rendah diri ketika bertemu  orang lain.Bahkan, bekas luka  dapat dengan cepat dihilangkan  dengan mengunjungi dokter kulit. Biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang diketahui dapat digunakan untuk mencerahkan kulit terutama pada area wajah, namun tidak hanya untuk wajah, ternyata manfaat jeruk nipis  juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. (AHA) dalam jeruk nipis  mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit dan mengembalikan elastisitas kulit. Saat digunakan, bahan alami ini  membuat kulit  lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, jangan terlalu sering menggunakan file tersebut pada kulit  bekas luka Anda.Cukup belah kikir menjadi dua, lalu oleskan secara merata pada kulit, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Madu

Madu tidak hanya dapat digunakan sebagai pelembab kulit, tetapi juga efektif  sebagai  penghilang bekas luka alami. Madu mengandung bahan yang dapat membantu kulit mempercepat proses regenerasi sel-sel yang menyusunnya. Kulit dengan bekas luka, sedikit madu di kulit, lalu diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat menghambat kolagen pada bekas luka sehingga menyebabkan bekas luka memudar.Namun jika  ingin menggunakan bahan alami  ini untuk menghilangkan bekas luka pada kulit wajah sebaiknya  konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter karena  wajah cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan bawang merah. kulit di bagian tubuh lainnya.

Lidah Buaya

Selain bawang, lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan mengelupas sel-sel kulit mati dari bekas luka. Bukan itu saja, lidah buaya juga bisa mengurangi bengkak, memperbaiki kulit yang rusak dan meregenerasi kulit. Oleskan lidah buaya secara merata pada kulit yang  bekas luka, lalu diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan cara ini di pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur.

Timun

Mentimun adalah bahan alami yang tidak mengiritasi kulit seperti lemon atau jeruk. Bahan alami  ini cocok untuk orang dengan kulit sensitif. Tidak hanya membantu menghilangkan bekas luka, mentimun juga bisa digunakan sebagai whitening agent dan melembutkan kulit wajah.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan tanaman herbal yang sangat populer di kalangan herbalis karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Teh hijau tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga efektif  menghilangkan bekas luka dari tubuh. Karena mengandung epigallocatechin gallate (EGCG). atau catechin, yaitu zat yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi yang terbukti membantu mengatasi berbagai masalah kulit.Cukup gosokkan daun teh hijau secara rutin pada kulit yang memiliki bekas luka  setiap hari.

Nah itulah Tips cara membersihkan dan menghilangkan bekas luka Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat yang mengandung cukup vitamin E, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Related Post