5 Rekomendasi Buah Yang Bisa Dikonsumsi Saat Tipes

Tifus, atau dalam bahasa medisnya tifus, adalah penyakit menular yang menyerang sistem pencernaan karena infeksi bakteri Salmonella typhi. Selama penyakit ini, sistem pencernaan  seseorang dengan demam tifoid menjadi meradang dan  komplikasi serius dapat terjadi, komplikasi tifus yang paling umum adalah pendarahan di usus dan perforasi usus, yaitu  ketika lubang muncul di dinding usus. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih asupan makanan yang tepat  ketika seseorang sedang sakit demam tifoid.Hal ini tidak hanya dimaksudkan untuk mencegah komplikasi, tetapi juga untuk mendukung pengobatan tifus agar  cepat sembuh. Karena tifus merupakan salah satu jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan, maka tidak disarankan untuk makan berlebihan. Bahkan saat makan buah. Ada beberapa buah yang tidak boleh dan tidak boleh dimakan oleh penderita tifus, apa saja itu?Baca ulasan lengkapnya di artikel ini.

Pisang

Pisang, terutama pisang matang, sangat baik  untuk penderita demam tifoid. Tekstur pisang matang yang umumnya lunak dan lembek  membuat makanan ini  mudah melewati saluran pencernaan. Tidak hanya itu, tifus juga sering disertai dengan diare, karena pisang  membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh selama diare.

Melon

Melon merupakan buah yang kandungan seratnya lebih sedikit dibandingkan buah segar lainnya. Meski rendah serat, melon mengandung banyak nutrisi yang tak kalah menyehatkan. Satu porsi  melon (100 gram) mengandung 36 kalori dengan 3% serat, 1% protein, 1% zat besi, dan 5% kalium. Bahan-bahan yang berbeda ini dapat membantu penderita demam tifoid meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka, yang dapat mempercepat proses pemulihan.

Alpukat

Alpukat adalah makanan super yang mengandung serat dan nutrisi penting. Kandungan buah ini dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan  yang dipengaruhi oleh bakteri penyebab demam tifoid. Dalam 100 gram alpukat mengandung 160 kalori dengan 19% lemak, 3% karbohidrat dan 4% protein. Buah ini baik untuk penderita tifus karena tinggi kalori dan nutrisi sehingga dapat membantu memulihkan kesehatan seseorang.

Semangka

Kandungan utama  daging buah semangka adalah air. Karena semangka mengandung banyak air, mereka rendah serat. Artinya semangka adalah buah yang baik untuk penderita tifus. Mirip dengan melon, meskipun rendah serat, semangka tetap mengandung sejumlah nutrisi yang tidak kalah  dengan buah-buahan lainnya, tidak hanya itu, semangka merupakan sumber antioksidan yang sangat  baik untuk tubuh.Kandungan air yang tinggi pada buah semangka dapat menggantikan cairan dalam tubuh anda saat anda terkena penyakit tifus, sehingga buah semangka dapat mencegah anda kehilangan terlalu banyak cairan tubuh dan mempercepat proses pemulihan.

Buah naga

Buah  ini memiliki daging yang lembut dan  rasa yang tidak terlalu kuat, sehingga bisa menjadi pilihan bagi penderita tifus. Gejala tifus berupa hilangnya nafsu makan dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah ini. Oleh karena itu, manusia dapat dengan mudah mencerna buah naga. dengan demam tifoid. Selain teksturnya, buah naga juga mengandung banyak nutrisi  yang mempercepat proses penyembuhan orang yang menderita demam tifoid. Dikutip dari Cleveland Clinic, buah naga mengandung vitamin C, yang dapat merangsang daya tahan tubuh Anda. sistem kekebalan.Buah naga juga dapat meningkatkan bakteri baik di usus Anda, yang dapat memperbaiki kondisi pencernaan Anda jika Anda menderita tifus.

Nah itulah deretan buah- buahan yang bisa kalian konsumsi pada saat mengidap penyakit tipes, jadi jaga Kesehatan ya guys!

Related Post