5 Minuman Pelancar Haid Untuk Buat Siklus Kembali Normal

Biasanya, siklus menstruasi normal perempuan akan terjadi tiap 21 – 31 hari. Namun sayang, tak sedikit juga perempuan yang punya siklus menstruasi yang tak teratur. Hal ini lah yang lalu membuat banyak perempuan jadi mengonsumsi minuman pelancar haid supaya siklus menstruasi kembali lancar.

Ada cukup banyak produk minuman pelancar haid yang di jual di pasaran. Minuman itu biasanya terbuat dari bahan rempah – rempah pilihan. Minuman pelancar haid juga di percaya bisa membantu melancarkan siklus menstruasi yang tak teratur.

Tetapi, ternyata kita bisa loh membuat minuman tersebut sendiri memakai bahan – bahan yang ada di rumah. Kebanyakan bahan ini hanya perlu kalian rebus lalu bisa langsung di minum seperti meminum jamu. Lalu, apa saja sih minuman tersebut? Yuk coba simak di bawah.

1.Daun Pepaya dan Asam Jawa

Pernah mengonsumsi minuman herbal yang terbuat dari daun papaya dan asam jawa tidak? Walaupun rasanya sedikit unik, tetapi kedua bahan ini adalah sebuah perpaduan yang sempurna untuk melancarkan siklus menstruasi yang tak teratur.

Untuk membuatnya, kalian hanya perlu merebus daun papaya, asam jawa, serta garam sampai mendidih. Tunggulah hingga sedikit hangat lalu rebusan daun papaya siap kalian nikmati.

2.Kunyit

Kalau di amati, hampir semua minuman pelancar haid terbuat dari kunyit. Hal ini sangat wajar karena kunyit punya kandungan senyawa kurkumin yang fungsinya sebagai obat alami untuk melancarkan siklus menstruasi yang tak teratur.

Cara membuat jamu kunyit untuk melancarkan menstruasi sangat simple. Kalian cukup kupas kunyit yang sudah di bersihkan, lalu blender sampai halus. Selanjutnya, rebuslah kunyit sampai mendidih dan saring untuk di ambil airnya. Tunggu hingga dingin dan jamu kunyit siap di nikmati.

3.Kayu Manis

Kayu manis juga bisa jadi bahan yang alami yang bisa melancarkan siklus menstruasi yang tak teratrur. Sebuah penelitian menunjukkan kalau orang yang rutin minum kayu manis mempunyai siklus menstruasi yang lebih teratur di bandingkan dengan yang tak minum sama sekali.

Cara membuat satu cangkir kayu manis yang hangat juga sangat gampang. Kalian hanya perlu mencampurkan kayu manis dengan secangkir teh hanga. Ada perpaduan rasa manis, pedas, serta hangat yang membuat tubuh jadi lebih rileks.

4.Cuka Apel

Di balik rasa serta aromanya yang menyengat, cuka apel memang di percaya sebagai bahan alami yang bisa melancarkan siklus menstruasi. Bahkan, sebuah penelitian juga menunjukkan kalau mengonsumsi sari cuka apel secara teratur bisa melancarkan siklus haid untuk penderita PCOS.

Karena punya rasa yang cukup kuat, tak sedikit orang yang ragu untuk mengonsumsi cuka apel secara langsung. Sebagai gantinya, kalian bisa campurkan cuka apel dengan air dan satu sendok makan madu supaya rasanya lebih enak.

5.Jahe

Jahe jadi salah satu minuman pelancar haid yang alami danh bisa kalian coba. Meminum secangkir jahe hangat di percaya bisa meringankan gejala PMS, meringankan perut mual dan kembung, serta meredakan nyeri haid.

Supaya tak terlalu pedas, kalian bisa campurkan jahe yang sudah di geprek ke dalam satu cangkir teh hangat lalu tambahkan sedikit madu supaya rasanya lebih enak.

Itulah beberapa bahan minuman yang bisa kalian coba buat untuk melancarkan siklus haid kalian. semoga bermanfaat dan semoga siklus haid kalian bisa kembali jadi normal.

Related Post