Mengenal dan Mengatasi Kondisi Darah Manis Bikin Bekas Luka

Darah Manis adalah istilah yang sering digunakan  untuk menggambarkan kondisi kulit yang gatal, mudah memar, dan meninggalkan bekas hitam atau kerak saat terkena gigitan serangga di  lengan, bahu, punggung, perut, kaki, dan bokong. gatal parah pada kulit, terutama pada malam hari atau saat mengenakan pakaian gatal. Beberapa orang seringkali menghentikan rasa gatal ini dengan cara digaruk hingga berdarah. dan menyebabkan lecet. Seiring waktu, luka ini menyebabkan kulit tampak lebih gelap dari kulit di sekitarnya dan  permukaan kulit terasa kering, kasar, dan tebal seperti koreng.Munculnya bekas luka hitam yang sulit dihilangkan sering dikenal masyarakat umum sebagai  darah manis. Beberapa orang rentan mengalami kulit gatal, sehingga menimbulkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Masyarakat menyebut orang yang memiliki masalah ini sebagai  penderita diabetes. Penderita penyakit ini sering kehilangan kepercayaan diri karena adanya bekas luka yang sulit  dihilangkan. 

Gigitan Nyamuk atau Serangga

Digigit nyamuk atau serangga dapat membuat Anda ingin menggaruk sampai gatal hilang, tetapi alih-alih menghilangkan rasa gatal, menggaruk kulit hanya  menyebabkan infeksi dan jaringan parut yang lebih serius pada kulit.

Stres

Orang yang menderita stres biasanya tidak dapat mengendalikan diri, stres dapat membuat seseorang merasa seperti menggaruk kulitnya yang gatal, tanpa disadari orang tersebut akan melebarkan area kulit yang digaruk hingga meninggalkan bekas luka.

Kondisi Medis Tertentu

Ternyata hingga 80 persen orang yang memiliki masalah ini juga memiliki kondisi  tertentu yang membuat kulit mereka lebih rentan terhadap jaringan parut, termasuk asma, demam, eksim, atau dermatitis herpetiformis. Kondisi seperti disfungsi tiroid, penyakit paru obstruktif kronik;gagal jantung, gagal ginjal kronis, hepatitis C kronis, HIV; dan gangguan kejiwaan juga dikatakan sebagai penyebab utama  prurigo.

Cara Mengatasi Darah Manis

Sayangnya, sampai sekarang, tidak ada obat untuk prurigo. Namun, penyakit ini dapat dikendalikan dengan lebih baik, sehingga kondisinya dapat membaik seiring waktu. Berikut cara meredakan kondisi prurigo yang bisa Anda coba:  Hindari keinginan untuk menggaruk area kulit yang gatal sebisa mungkin untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Oleskan pelembab, petroleum jelly, atau krim hipoalergenik berlabel ke luka yang menghitam. Gunakan sabun dan produk perawatan kulit yang dibuat khusus untuk kulit sensitif. Gunakan kain atau handuk basah. Oleskan air dingin ke area yang gatal untuk menghilangkan rasa gatal. Jika Anda merasa gatal di siang hari, nyalakan kipas angin atau AC untuk  menenangkan  kulit.Jangan tidur dengan seprei atau selimut yang  panas di kulit, pakailah pakaian berbahan katun yang dapat menyerap keringat agar tidak menimbulkan rasa gatal. Jika rasa gatal sudah tak tertahankan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter  kulit agar penyakit tidak semakin parah. Jangan menggaruk bagian yang gatal, itu bagian yang paling sulit karena bagi sebagian orang, mereka mungkin menggaruk prurigo tanpa disadari. Mintalah bantuan dari salah satu orang terdekat untuk mengingatkan diri sendiri, ketika pasien mulai menggaruk-garuk titik basah yang terus menerus didinginkan di lemari es untuk mengurangi rasa gatal, tempelkan kain  pada bagian tubuh yang terkena prurigo atau posisi gatal lainnya yang terkena.Pertama, oleskan obat emolien, yaitu jenis pelembab yang telah disimpan di lemari es. Jaga agar ruangan tetap sejuk dan jangan tidur di tempat tidur dengan seprai atau selimut hangat.

Jika rasa gatal yang terjadi sudah semakin tidak tertahan sebaiknya hubungi dokter untuk mengobati dan menanggulangi penyakit semakin parah.

Related Post