7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Saluran pencernaan memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh Anda. Organ sistem pencernaan bekerja untuk memproses semua asupan makanan dan membuang sisanya. Jika kinerjanya tidak seimbang,  pencernaan bisa terganggu. Nyeri perut dapat terjadi. , kembung, kram, diare, dan sembelit Kondisi Medis Makanan tertentu, seperti irritable bowel syndrome (IBS) dan gastroesophageal reflux disease (GERD), juga dapat menempatkan Anda pada risiko masalah pencernaan yang lebih serius.Oleh karena itu, kita perlu menjaga kesehatan  pencernaan, salah satunya adalah memilih makanan yang baik untuk pencernaan:

Yoghurt

Youghurt terbentuk karena bakteri asam laktat. Yogurt juga merupakan bahan makanan yang mengandung bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik. Bakteri baik ini dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan menjaga kesehatan usus Anda. Probiotik juga dapat membantu mengobati masalah pencernaan seperti gas, sembelit, dan diare.

Apel

Salah satu buah yang baik untuk pencernaan adalah apel. Apel mengandung pektin dan serat yang tinggi. Selama pencernaan, pektin  dipecah oleh bakteri baik di usus besar. Akibatnya, pektin  meningkatkan sebagian besar tinja. Oleh karena itu,  pektin sering digunakan sebagai obat sembelit dan diare.Serat ini juga telah terbukti mengurangi risiko infeksi usus dan peradangan di usus besar.

Pepaya

Berikutnya adalah buah yang baik untuk pencernaan, yaitu pepaya. Pepaya mengandung papain dan chymopapain,  enzim yang mendukung kinerja sistem pencernaan dengan membantu memecah protein. Pepaya juga mengandung kandungan serat yang tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi pepaya dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian. Mereka diperlukan dan baik untuk menjaga  sistem pencernaan yang sehat.

Daun Mint

Daun peppermint dapat meredakan gangguan pencernaan dan efektif dalam membantu beberapa gejala yang terkait dengan sindrom iritasi usus besar. Bahan alami ini dapat membantu memperlambat kinerja otot perut Anda atau mengurangi risiko kram yang dapat menyebabkan mual. Pencernaan. Udara menjadi penyebab  kembung, kram perut, dll. Selain itu, manfaat daun mint juga efektif memperlancar buang air besar dan  meningkatkan fungsi  saluran empedu.

Jahe

Jahe membantu melawan mual dan meredakan masalah perut. Karena khasiatnya, jahe sering direkomendasikan untuk mengobati mual selama kehamilan, setelah operasi, dan setelah kemoterapi. Tambahkan jahe kering ke dalam teh atau makanan yang dipanggang. Anda juga bisa memarutnya segar. jahe  dan dicampur dengan saus salad dan smoothie. Khasiat jahe yang ampuh menghangatkan tubuh.Selain itu, jahe juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat produksi gas yang berlebihan di  saluran cerna.

Kacang Almond

Makanan yang baik untuk pencernaan juga bisa menjadi camilan enak seperti kacang almond. Satu porsi  almond dapat menyediakan 4 gram serat, yang sangat bagus untuk kesehatan pencernaan. Penelitian telah menemukan bahwa makan almond dapat mengubah mikroba yang hidup di usus dan meningkatkan pencernaan.Kadar almond yang tinggi  juga dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian dan membantu menjaga  sistem pencernaan yang sehat.

Kimchi

Para pecinta kuliner Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan kimchi, bukan? Kimchi biasanya terbuat dari kubis, sawi, lobak, atau sayuran lainnya yang diproses melalui proses fermentasi. Selamat mencoba jika Anda menyukai kimchi, karena ini adalah contoh makanan  kesehatan pencernaan. !Probiotik yang membantu pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus besar Semakin lama kimchi difermentasi,  semakin tinggi konsentrasi probiotiknya.Kimchi juga mengandung serat, yang dapat membuat tinja menjadi lebih besar dan meningkatkan kesehatan usus, sehingga berguna sebagai sayuran pencernaan.

Makanan yang baik untuk pencernaan mudah ditemukan di sekitar kita, bukan? Dengan hanya mengonsumsi berbagai asupan sehat yang disebutkan di atas, pencernaan Anda bisa  lebih sehat.

Related Post