Daftar 5 Makanan Sehat untuk Dimakan di Malam Hari

Terkadang, kita semua pernah lapar atau mengidam makanan seketika larut malam. Saat-saat kita sedang berada di tempat tidur, namun pikiran kita ada di lemari es.

Kamu yang mencoba melawan keinginan makanan atau minuman ini akhirnya kamu turun dari tempat tidur setelah banyak keraguan dan berjalan ke dapur dimana kamu akan berdiri selama beberapa detik atau bahkan beberapa menit untuk merenungkan berbagai hal.

Kamu tahu betul bagaimana makan larut malam dapat menyebabkan stres dan membuat kita tambah gemuk, namun kamu hanya ingin makan dan makanan apa yang harus kamu makan? Berikut ini adalah 5 pilihan makanan terbaik untuk dimakan di malam hari.

1. Ikan

Salah satu makanan non-vegetarian ini bisa menjadi pilihan bagus, terutama ikan berlemak seperti tuna, salmon, dan mackerel yang dianggap sebagai pilihan yang sehat akrena mengandung cukup banyak vitamin D.

Vitamin D ini membantu tubuh mengatur kadar kalsiumnya dan baik untuk ginjal, kulit, dan kelenjar paratiroid.

Ikan yang berlemak juga mengandung asam lemak omega 3 yang dimana merupakan kelompok asam lemak sehat yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi serta sangat baik untuk otak.

Asam lemak omega 3 ini juga terbukti dapat meningkatkan jumlah serotonin yang diproduksi oleh sistem saraf sehingga dapat tidur lebih nyenyak.

Tak hanya itu, ikan yang mengandung minyak nutrisi juga baik untuk kulit dan tubuh kita.

2. Telur

Telur tentunya merupakan sumber protein yang bagus serta tidak mengandung banyak kalori. Telur merupakan pilihan yang tepat untuk camilan larut malam.

Selain mudah dimasak dan dapat dipadukan dengan berbagai jenis makanan ringan, telur juga mengandung triptofan yang dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

3. Pisang

Salah satu makanan vegetarian atau buah ini tidak hanya enak, melainkan kaya akan senyawa triptofan dan potasium. Yang dimana, hal ini menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk dimakan di malam hari.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, triptofan merupakan protein esensial yang berperan dalam relaksasi salah satunya dapat menignkatkan kualitas tidur.

Tak hanya itu, pisang juga mengandung banyak vitamin dan kaya akan antioksidan serta mengandung senyawa yang mampu membuat buang air besar menjadi lebih mudah.

4. Keju dan Crackers

Karbohidrat yang terkandung pada keju dan crackers ini juga merupakan sumber triptofan yang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula tubuh. Saat kamu mengonsumsinya secara bersamaan, tentunya akan ada lebih banyak triptofan yang tersedia pada otak.

Gula dalam keju dan crackers memberi makan otak dan triptofan dapat membantu produksi melatonin pada tubuh kita.

Produksi serotonin dan melatonin akan ada lebih banyak dalam sistem saraf saat mengonsumsi crackers dan keju ini secara bersama-sama, yang dimana serotonin juga meningkatkan kualitas tidur seseorang.

5. Sereal Hangat

Salah satu sumber serat yang bagus adalah sereal. Gandum yang ada pada sereal juga mengandung jumlah melatonin yang mengesankan yang dapat meningkatkan kualitas tidur tentunya.

Semangkuk sereal panas dan bahkan berbagai biji-bijian utuh merupakan pilihan makanan yang baik sebelum tidur.

Mereka juga tidak mengandung banyak kalori yang membuat kemungkinannya tidak akan membuat tetap terjaga.

Nah, itulah 5 makanan sehat di malam hari. Tentunya, ketika kamu mempunyai keinginan untuk makan di larut malam. Kamu harus tahu bahwa bukan berarti semua makanan yang enak bisa dimakan di malam hari, melainkan hal ini dapat merusak tubuh kalian. Semoga bermanfaat.

Related Post