5 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Penting untuk mengonsumsi beberapa pilihan makanan sehat untuk ibu hamil  selama kehamilan. Makanan ini tidak hanya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, tetapi juga diperlukan untuk mendukung perkembangan janin. Beberapa zat gizi yang perlu dipenuhi  ibu hamil, antara lain  kalsium dan protein untuk membangun jaringan tubuh dan tulang janin, serta zat besi untuk mencegah anemia selama kehamilan. Kebutuhan gizi tersebut dapat dipenuhi dari berbagai jenis makanan, sehingga penting bagi ibu hamil untuk mengetahui pilihan pola makan yang sehat bagi ibu hamil agar asupan gizi tetap terpenuhi. Berikut adalah 5 makanan sehat untuk ibu hamil.

Sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan adalah salah satu pilihan makanan sehat untuk ibu hamil. Setiap ibu hamil perlu makan sayur dan buah setiap hari untuk memastikan kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral dan serat terpenuhi. Sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung, mengandung vitamin A, vitamin dan mineral C, vitamin K, dan asam folat. Berbagai nutrisi tersebut penting untuk menjaga kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, dan mencegah janin lahir cacat.

Daging, ikan, telur (tanpa lemak)

Pilihan makanan sehat untuk ibu hamil ini tinggi protein, yang penting untuk pertumbuhan janin. Telur mengandung kolin, yang berperan penting dalam  perkembangan otak dan saraf janin. Sementara itu, berbagai jenis ikan laut yang mengandung omega 3 baik untuk kesehatan. untuk menjaga suasana hati sang ibu hamil sambil mendukung pertumbuhan janin dan perkembangan otak. Namun, disarankan bagi ibu hamil yang membatasi konsumsi ikan laut, yaitu hingga tidak lebih dari 350 gram per minggu, untuk menghindari paparan merkuri yang biasa terdapat pada ikan laut seperti  salmon, tuna, atau ikan tongkol.

Kacang kacangan

Kacang kacangan berperan penting dalam memenuhi kebutuhan serat dan melancarkan pencernaan pada ibu hamil. Selain itu, pilihan makan sehat untuk ibu hamil  juga kaya akan kalium, asam folat, zat besi, dan magnesium. Dengan asupan serat yang cukup, ibu hamil  terhindar dari sembelit.Selain itu,  konsumsi makanan kaya serat dan bergizi secara teratur seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan juga baik untuk mencegah  diabetes gestasional.

Susu atau yogurt

Susu dan produk olahannya seperti yogurt dan keju tinggi kalsium, yang baik untuk membangun jaringan tulang pada bayi dan menjaga kesehatan tulang pada ibu hamil. Selain berbagai pilihan makanan sehat untuk ibu hamil  yang  disebutkan di atas, ibu hamil juga dianjurkan untuk tetap terhidrasi. Hal ini penting untuk mengurangi risiko bayi lahir prematur dan mencegah  dehidrasi, wasir dan sembelit pada ibu hamil. Selama kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi 10 gelas. Air Cairan Harian juga dapat diperoleh dari buah-buahan dengan kadar air tinggi jus, jus atau susu pasteurisasi.Namun, hindari  terlalu banyak mengonsumsi minuman kemasan tinggi gula, karena minuman ini dapat menyebabkan diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

Gandum

Gandum yang utuh merupakan  sumber karbohidrat yang juga tinggi nutrisi seperti serat, vitamin E, dan selenium, yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Untuk memenuhi kebutuhan energi selama kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dari roti gandum utuh, oatmeal, atau beras merah.

Nah berikut ini adalah makanan sehat untuk para ibu hamil nih, semoga bisa membantu para calon mommy untuk menjaga kesehatannya selalu ya terutama untuk Kesehatan sang buah hatinya!

Related Post