Penderita Asam Lambung? Makanan Ini Cocok Untuk Kamu!

Rasa panas pada pagian dada, pahit di tenggorokan dan juga parut yang terasa kembung penuh dengan gas adalah sebuah tanda dari penyakit asam lambung. Hal ini terjadi saat adanya alirsan balik asam dari lambung ke bagian kerongkongan. Hal ini bahkan bisa menyebabkan komplikasi.

Salah satu penyebab asam lambung yang naik adalah karena katup kerongkongan bawah atau LES melemah atau rusak. LES sendiri biasanya menutup untuk mencegah makanan yang ada di perut supaya tidak naik lagi ke kerongkongan.

Selain itu, makanan yang di makan juga bisa mempengaruhi jumlah asam yang perut kita produksi. Makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah salah satu faktor utama kenapa asam lambung bisa meningkat.

Itulah kenapa, makanan untuk penderita asam lambung atau GERD harus lebih di perhatikan. Lalu, apa saja sih makanan yang cocok? yuk simak di bawah.

1.Teh Chamomile

Minuman yang satu ini memang sudah sangat lama di anggap sebagai obat asam lambung yang alami. Hal ini di karenakan ia sangat kaya akan zat antiradang, teh ini juga bisa membantu meredakan stres yang menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung.

Meminum secangkir teh chamomile hangat sudah sangat cukup untuk membuat tubuh kalian jadi terasa lebih rileks dan nyaman. Tak ada salahnya pula untuk menyimpan teh dari tanaman bunga ini di dapur kalian. Kalian bisa coba minum secara rutin sebagai pendamping makanan. Teh ini juga punya manfaat untuk meringankan keluhan penyakit asam lambung kalian.

2.Makanan Rendah Lemak

Memakan daging tanpa lemak seperti kalkun, ayam, ikan, dan makanan laut memang sangat bagus di lakukan oleh para penderita asam lambung karena dapat mengurangi gejala refluks. Seperti yang kita tahu, penderita asam lambung memang tak di anjurkan untuk makan makanan yang punya kandungan lemak tinggi.

Hal tersebut di karenakan, makanan yang punya kandungan lemak tinggi bisa menambah produksi asam jadi jauh lebih banyak. Makanan yang tinggi lemak juga cenderung tertahan lebih lama di lambung dan bisa memicu otot di bagian bawah esofagus mulai rileks hingga terjadi fefluks asam lambung.

3.Teh Jahe

Jahe memang di kenal bagus untuk mengobati berbagai masalah pencernaan, karena, bahan yang di ambil di bagian akarnya ini punya sifat anti radang yang sangat kuat sehingga bisa meredakan nyeri dada akibat naiknya asam lambung.

Walkau begitu, masih butuh banyak penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jahe untuk penderita asam lambung. Sampai sekarang pun, khasiat jahe lebih di kenal untuk meredakan muntah dan mual yang menjadi salah satu gejala maag.

Cara mengolah jahe untuk mengatasi gangguan pencernaan pun cukup mudah. Selain bisa kalian jadikan bumbu untuk berbagai jenis masakan, jahe juga bisa kalian olah jadi teh atau jadi perasa alami tambahan.

4.Lidah Buaya

Lidah buaya bukan Cuma bagus untuk kecantikkan namun juga sangat bagus untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk juga penyakit asam lambung. Dari sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi jus lidah buaya memang terbukti dapat membantu mencegah lonjakan asam lambung di karenakan komponen anti inflamasinya.

Itulah berbagai rekomendasi makanan dan minuman yang akan sangat cocok untuk di konsumsi bagi para penderita asam lambung atau GERD. Jangan lupa makan yang cukup dan tepat waktu serta hindari makanan yang terlalu pedas ya. Semoga bermanfaat.

Related Post