5 Makanan dan Minuman yang Pantang, Terutama Usia 40 Tahun ke Atas

Meskipun badan kita tetap sehat, namun tubuh orang yang usianya 40 tahun ke atas memang harus memperhatikan sejumlah bahan makanan dan minuman yang di konsumsi.

Memasuki usia 40 tahun tentunya seseorang sudah memiliki banyak perubahan yang terjadi pada kondisi tubuhnya, maka dari itu harus menjaga badan tetap fit dengan menghindari makanan dan minuman berbahaya tersebut.

Namun, apa saja sih makanan dan minuman yang harus dihindari tersebut? Simak ulasan berikut.

1. Kue Tinggi Gula

Kue-kue yang dipanggang dan tinggi gula tentunya memiliki kandungan gula dan lemak tambahan yang dapat memicu pertambahan berat badan serta kesehatan gigi dapat memburuk, terutama usia 40 tahun keatas.

Tak hanya itu, gula dalam bentuk apa pun dapat membentuk perubahan dari membrane sel dan arteri hingga hormon, kesehatan usus, sistem kekebalan, dan mikrobioma di usus dan kulit yang tentunya hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan.

Tak hanya itu, terlalu banyak gula juga dapat membuat kulit menua lebih cepat melalui proses yang dimanakan glikasi., yaitu istilah biokimia untuk ikatan molekul gula dengan lemak, protein, dan asam amino.

2. Margarin

Margarin juga merupakan makanan pantangan bagi usia 40 tahun keatas. Makanan yang satu ini memang tidak baik untuk semua usia, namun di usia 40 tahun memakan margarin bisa merusak kesehatan lebih berasa dibanding usia yang lebih muda.

Menurut ahli diet dan penulis dari The 21-Day Belly Fix dan What Doctors Eat yang bernama Dr. Tasneem Bhatia menyatakan bahwa margarin mengandung lemak yang cukup tinggi dan cenderung memiliki reputasi yang buruk alih-alih sehat.

Tak hanya itu, margarin mengandung lemak trans yang dapat merusak hidrasi tubuh yang membuat kulit kita semakin cepat berkerut.

3 Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis memiliki kandungan yang tinggi akan natrium, lemak jenuh, dan pengawet yang tentunya dapat berdampak negatif terhadap kesehatan.

Ahli gizi pun menjelaskan bahwa jika terlalu banyak mengonsumsi daging olahan akan beresiko penyakit jantung, kanker perut yang tinggi, dan diabetes karena adanya pengawet yang digunakan sehingga dapat memicu radikal bebas dalam tubuh.

Radikal yang menyebabkan oksidasi DNA dan sel dapat menyebabkan kerusakan tubuh yang tentunya resiko pada usia diatas 40 tahun lebih tinggi ketimbang usia muda.

Jika memang ingin mengonsumsi daging olahan sangat disarankan untuk memilih daging yang dibuat tanpa nitrat atau yang lebih rendah lemak serta natrium.

4. Makanan Beku

Makanan beku atau biasa disebut dengan frozen food memang sangat praktis, tetapi sangat tidak baik jika terlalu banyak untuk mengonsumsi banyak makanan olahan yang dibekukan.

Makanan beku yang tinggi akan natrium berkontribusi terhadap retensi air dan penampilan yang tampak lebih tua secara keseluruhan.

5. Ayam Goreng Cepat Saji

Memasak daging pada suhu yang sangat tinggi dapat meningkatkan kadar HCA dalam protein yang bersifat karsinogenik menurut Palinski-Wade.

Beberapa penelitian juga berasumsi bahwa konsumsi daging goreng cepat saji bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker kolorektal, prostat, dan pankreas.

Membatasi konsumsi makanan ini seiring bertambahnya usia adalah hal yang baik untuk melakukan tindakan pencegahan terjadinya berbagai resiko penyakit.

6. Soda

Tula, Russia – December 13, 2012: Group of various brands of soda drinks in aluminum cans isolated on white with clipping path. Brands included in this group are Coca Cola, Pepsi, Sprite, Fanta.

Soda juga merupakan salah satu minuman yang tidak baik untuk usia berapapun, terutama diatas 40 tahun.

Selain pewarna yang dapat berpotensi memicu kanker, soda juga memiliki banyak gula tambahan yang berdampak negatif terhadap ovulasi serta motilitas sperma yang buruk.

Nah, itulah 6 daftar makanan dan minuman yang pantang serta perlu dikurangi terutama untuk usia 40 tahun keatas. Dengan menjauhi dan mengurangi makanan diatas, pola hidup Anda pun akan lebih sehat.

Related Post